Jumat, 11 Juli 2008

Diknas Prov. Bali

Pementasan Duta Seni Pelajar se-Jawa-Bali Tahun 2008
Senin, 07-07-2008


Dalam rangka memantapkan solidaritas sosial, persaudaraan, kesatuan dan persatuan antar pelajar serta menjaga sinergisitas kegiatan dunia pendidikan di kalangan generasi muda, Minggu (5/7) malam, Sekretaris Daerah Provinsi Bali Drs. I Nyoman Yasa, M.Si, mewakili Gubernur Bali didampingi Ketua DPRD Provinsi Bali serta Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bali membuka secara resmi Pementasan Duta Seni Pelajar se-Jawa-Bali di Gedung Terbuka Ardha Candra, Art Center, Denpasar ditandai dengan pemukulan kentongan.

Penyelenggaraan Duta Seni Pelajar ini merupakan kesepakatan bersama antara Provinsi Jawa dan Bali dalam bidang pemerintahan dalam bentuk kreatifitas budaya daerah yang dimiliki oleh masing-masing Provinsi dalam bentuk pentas kesenian bagi pelajar se-Jawa-Bali, mengambil tema : Bersatu Membangun Bangsa Melalui Pentas Dunia Seni Pelajar se-Jawa-Bali. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 5 s/d 8 Juli 2008, diikuti delegasi dari tujuh Provinsi se-Jawa-Bali terdiri dari delegasi dari duta tujuh Provinsi se-Jawa-Bali yakni delegasi dari Provinsi Banten, delegasi dari DKI Jakarta, delegasi dari Provinsi Jawa Barat, delegasi Jateng, delegasi DIY, delegasi Jatim, dan Bali berjumlah 354 orang.

Mengawali sambutan tertulis Gubernur Bali yang dibacakan Sekretaris Daerah Bali Drs. I Nyoman Yasa, M.Si, menyampaikan selamat datang di Pulau Dewata kepada seluruh peserta duta seni pelajar se-Jawa dan Bali, serta menyambut gembira karena kegiatan ini dinilai dapat menjalin tali persahabatan para pelajar, meningkatkan apresiasi pelajar terhadap kecintaan seni serta saling tukar informasi tentang seni budaya daerah masing-masing sehingga dapat memberikan wawasan seni budaya yang lebih luas bagi para generasi yang akan datang. Lebih lanjut dikatakan, Duta Seni Pelajar ini merupakan salah satu bentuk upaya mencerdaskan sosial, emosional dan memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk berkreatifitas serta bertanggung jawab terhadap kehidupan seni yang adi luhung warisan dari para leluhur kita. Melalui pentas seni budaya ini Gubernur mengajak segenap delegasi untuk memetik hal-hal yang bermakna positif sehingga kita dapat bersatu, aman, tentram dan damai dan tidak mudah dipecah belah. Diharapkan dengan pergelaran Duta Seni Pelajar se-Jawa-Bali Tahun 2008 ini akan memberikan semangat baru kepada semua peserta sehingga program ini di tahun mendatang bisa lebih dikembangkan.

Sementara Gusti Ayu Wardani, SH, Kasubdin Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bali dalam laporannya mengatakan, tujuan penyelenggaraan Pentas Seni Budaya ini adalah menumbuhkan cinta tanah air di kalangan pelajar media seni yang beraneka seni sebagai bukti tingginya peradaban budaya kita, menjadi wadah penyaluran minat bakat dan kreatifitas seni para pelajar dalam mendukung program pemerintah melestarikan, mengembangkan seni budaya nasional, serta sebagai media pengenalan wilayah masing-masing Provinsi se-Jawa-Bali. Pementasan Duta Seni Pelajar se-Jawa-Bali disambut dengan tari Galang Kangin dari Sanggar Pelangi Budaya Nusantara, dihadiri Asisten Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI, Walikota Denpasar, para Kepala Dinas di tujuh Provinsi, para pengamat seni, diantaranya I Wayan Dibya, I Made Bandem, Wayan Rai S, dan Kepala Dinas dan Badan di lingkungan Provinsi Bali.

(Ni Made Sarmini)




Berita Lain:

Tidak ada komentar: